PENGARUH PENDIDIKAN, KESEHATAN, DAN UPAH TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • I Gusti Ayu Trisna Dewi, Made Suyana Utama Student

Abstract

ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung Pendidikan, Kesehatan, dan Upah terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi di kabupaten/kota di Provinsi Bali serta menganlisis pengaruh tidak langsung Pendidikan, Kesehatan dan Upah terhadap Pertumbuhan Ekonomi melaui Penyerapan Tenaga Kerja Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Penelitian ini dilakukan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bali. Pengumpulan data yang dilakukan melalui studi pustaka dengan mengumpulkan data-data yang terdapat di Badan Pusat Statistik Provinsi Bali dengan jumlah data atau N sebanyak 63. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur atau path analysis menggunakan alat bantu SPSS 24. Berdasarkan hasil analisis penelitian ditemukan bahwa pendidikan, kesehatan, dan upah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Pendidikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Kesehatan, upah dan penyerapan tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya, penyerapan tenaga kerja sebagai variabel intervening atau variabel yang memediasi antara pendidikan, kesehatan, dan upah terhadap pertumbuhan ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-28
How to Cite
MADE SUYANA UTAMA, I Gusti Ayu Trisna Dewi,. PENGARUH PENDIDIKAN, KESEHATAN, DAN UPAH TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 9, p. 3584 – 3612, sep. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/61090>. Date accessed: 26 apr. 2024.