ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG M EMPENGARUHI PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI JAGUNG DI KECAMATAN SELEMADEG TIMUR KABUPATEN TABANAN

  • Ni Made Emma Priantini, I Made Jember FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA

Abstract

Salah satu sektor dominan yang menjadi sumber pendapatan utama bagi masyarakat dan berperan penting di Indonesia adalah sektor pertanian. Dalam penelitian ini tertuang tujuan, yaitu 1) Untuk menganalisis pengaruh modal, luas lahan, dan tenaga kerja terhadap produksi petani jagung. 2) Untuk menganalisis pengaruh modal, luas lahan, tenaga kerja dan produksi terhadap pendapatan petani jagung. 3) Untuk menganalisis pengaruh tidak langsung modal, luas lahan, dan tenaga kerja terhadap pendapatan melalui produksi petani jagung. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang berlokasi di Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan dengan jumlah populasi sebanyak 1.333 orang petani jagung dan jumlah sampel 93 orang petani jagung dengan menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Modal, luas lahan, dan tenaga kerja berpengaruh positif terhadap produksi petani jagung. 2) Modal, luas lahan, tenaga kerja dan produksi berpengaruh positif terhadap pendapatan petani jagung. 3) Modal, luas lahan, dan tenaga kerja secara tidak langsung berpengaruh terhadap tingkat pendapatan melalui produksi. Petani jagung dalam meningkatkan kesejahteraannya diharapkan lebih memperhatikan perawatan lahan serta cara-cara pengolahan lahan yang lebih intensif agar menghasilkan produksi jagung yang lebih besar dengan kualitas yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-26
How to Cite
I MADE JEMBER, Ni Made Emma Priantini,. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG M EMPENGARUHI PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI JAGUNG DI KECAMATAN SELEMADEG TIMUR KABUPATEN TABANAN. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 5, p. 1829 - 1859, may 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/60872>. Date accessed: 28 mar. 2024.