ANALISIS PENGARUH FAKTOR PRODUKSI TERHADAP EFISIENSI PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI GARAM LOKAL DI KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG

  • A. A. Ayu Krisna Utami Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ida Bagus Putu Purbadharmaja

Abstract

Usaha tani garam lokal di Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung merupakan pertanian garam yang masih menggunakan konsep tradisional dalam proses produksinya dan masih tergolong usaha tani berskala kecil (small scale farming). Para petani garam tersebut masih mengandalkan cuaca dalam memproduksi garam. Disini efisiensi produksi diperlukan guna memperoleh pendapatan yang maksimal sehingga kesejahteraan petani garam meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dengan analisis pengaruh faktor produksi terhadap efisiensi produksi dan pendapatan petani garam lokal di Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 50 orang petani garam. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel modal, tenaga kerja, dan luas lahan berpengaruh negatif terhadap efisiensi produksi dan pendapatan. Ini artinya bahwa diperlukannya upaya penghematan atau penggunaan faktor produksi yang sedikit mungkin guna mendapatkan efisiensi produksi dan pendapatan yang optimal.


Kata Kunci: faktor produksi, efisiensi produksi dan pendapatan, petani garam local

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-18
How to Cite
UTAMI DEWI, A. A. Ayu Krisna; PURBADHARMAJA, Ida Bagus Putu. ANALISIS PENGARUH FAKTOR PRODUKSI TERHADAP EFISIENSI PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI GARAM LOKAL DI KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 9, n. 6, p. 1345 - 1372, june 2020. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/60513>. Date accessed: 26 apr. 2024.