PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN PENDAPATAN PER KAPITA TERHADAP INVESTASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • Gusti Agung Ayu Made Dita Dwipa Sari Universitas Udayana
  • Ida Ayu Nyoman Saskara Universitas Udayana

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan perkembangan dari kegiatan perekonomian dimana hal tersebut akan berdampak pada jumlah produksi barang dan jasa yang semakin bertambah. Penelitian dilakukan dengan rentang waktu tahun 2012-2018 dengan 63 titik pengamatan menggunakan data panel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langung pertumbuhan penduduk dan pendapatan per kapita terhadap investasi dan pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota Provinsi Bali. Penelitian menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis, pertumbuhan penduduk dan pendapatan per kapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap investasi. Pertumbuhan penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi,  pendapatan per kapita yang negatif namun signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, Investasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali. Pertumbuhan penduduk maupun pendapatan per kapita secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi melalui investasi. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam pengambilan keputusan Pemerintah terkait investasi, pertumbuhan penduduk dan pendapatan per kapita dalam membantu dalam peningkatan ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-27
How to Cite
DITA DWIPA SARI, Gusti Agung Ayu Made; SASKARA, Ida Ayu Nyoman. PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN PENDAPATAN PER KAPITA TERHADAP INVESTASI DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 779-805, feb. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/58401>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i02.p15.

Most read articles by the same author(s)