PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP BELANJA LANGSUNG SERTA PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • Hartati Dewi - Gianyar
  • Gede Wardana Universitas Udayana

Abstract

Pembangunan ekonomi merupakan perubahan mendasar yang terjadi dalam struktur sosial, di mana terjadi usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang dapat diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil per kapita. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh pendapatan asli daerah dan dana perimbangan terhadap belanja langsung kabupaten/kota di Provinsi Bali. 2) menganalisis pengaruh pendapatan asli daerah, dana perimbangan, dan belanja langsung terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali. 3) menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan dana perimbangan terhadap pertumbuhan ekonomi melalui belnaja langsung kabupaten/kota di Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan berlokasi pada kabupaten/kota di Provinsi Bali dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pendapatan asli daerah dan dana perimbangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja langsung. 2) pendapatan asli daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dana perimbangan dan belanja langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. 3) belanja langsung merupakan variabel yang memediasi pengaruh pendapatan asli daerah dan dana perimbangan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
-, Hartati Dewi; WARDANA, Gede. PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP BELANJA LANGSUNG SERTA PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 749-777, mar. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/58309>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i02.p14.