studi komparatif tentang biaya produksi, curahan jam kerja, jumlah produksi, dan keuntungan antara petani padi organik dengan petani padi non organik di desa Jatiluwih kecamatan Penebel Tabanan

  • sinta dharma putri universitas udayana
  • I Nengah Kartika Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan jumlah produksi (2) perbedaan curahan jam kerja (3) perbedaan biaya produksi dan (4) perbedaan pendapatan antara petani padi organik petani padi non organik. Penelitian tentang petani padi organik dan non organik dilaksanakan di Desa Jatiluwih. Populasi penelitian ini adalah petani padi organik dan petani padi non organik, yang daftarnya diperoleh dari kelian subak di Desa Jatiluwih. Berdasarkan jumlah populasi petani tersebut selanjutnya dilakukan pengambilan sampel dengan metode proportionate stratified random sampling, setelah data dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis dengan analisis perbedaan dua rata-rata.


            Beberapa simpulan yang dapat ditarik dari hasil dan pembahasan pada uraian sebelumnya yaitu (1) petani padi organik menghasilkan produksi yang lebih banyak dari pada petani padi non organik (2) petani padi organik membutuhkan waktu yang lebih banyak dari pada petani padi non organik (3) petani padi organik memerlukan biaya yang lebih banyak daripada petani padi non organik (4) petani padi organik memperoleh pendapatan yang lebih besar dari pada petani padi non organik.


 


 


 


Kata kunci: Studi Komperatif, Petani Padi Organik dan Petani Padi Non Organik, Biaya Produksi, Curahan Jam Kerja, Jumlah Produksi, dan Pendapatan.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-24
How to Cite
PUTRI, sinta dharma; KARTIKA, I Nengah. studi komparatif tentang biaya produksi, curahan jam kerja, jumlah produksi, dan keuntungan antara petani padi organik dengan petani padi non organik di desa Jatiluwih kecamatan Penebel Tabanan. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 270-289, jan. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/57035>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i01.p11.