PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN, TEKNOLOGI DAN TERHADAP PRODUKSI UMKM DI KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR

  • I Wayan Palguna Putra, Ni Nyoman Yuliarmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh modal, tenaga kerja, tingkat pendidikan, dan teknologi secara parsial maupun simultan terhadap produksi, serta untuk menganalisis pengaruh dominan diantara Modal, Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan, dan teknologi terhadap produksi UMKM di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. Responden yang digunakan adalah seluruh usaha UMKM di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar yaitu sebanyak 3.165 unit usaha. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan pendekatan Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa modal kerja, tenaga kerja, dan pendidikan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi. Hal ini berarti bahwa semakin besar modal kerja yang dikeluarkan, kemudian semakin banyak tenaga kerja yang digunakan dan semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki oleh pelaku UMKM, maka semakin tinggi produksi yang diperoleh. Sedangkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap produksi pelaku usaha UMKM di Kecamatan Ubud. Hal ini disebabkan karena seluruh pelaku UMKM di Kecamatan Ubud sebagian besar menggunakan teknologi yang sama dan serupa, sehingga hal ini tidak mempengaruhi tingkat produksi yang diperoleh UMKM Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.


Kata kunci : Modal, Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan, teknologi, produksi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-22
How to Cite
NI NYOMAN YULIARMI, I Wayan Palguna Putra,. PENGARUH MODAL, TENAGA KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN, TEKNOLOGI DAN TERHADAP PRODUKSI UMKM DI KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 4, p. 1686-1715, apr. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56930>. Date accessed: 23 june 2021.