ANALISIS DETERMINAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN PETERNAK KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI KECAMATAN BUSUNGBIU, KABUPATEN BULELENG

  • Putu Yosua Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Gede Sudjana Budiasa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh modal, dan pengalaman kerja terhadap produktivitas dan pendapatan peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 85 peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng, dengan menggunakan teknik penentuan sampel probability sampling dengan metode Simple Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan modal berpengaruh positif dan signifkan terhadap produktivitas, sedangkan pengalaman kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas Peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. Modal, pengalaman kerja dan produktivitas berpengaruh positif dan signifkan terhadap pendapatan pada Peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. Produktivitas memediasi pengaruh modal dan pengalaman kerja terhadap pendapatan peternak Kambing Peranakan Etawa (PE). Artinya bahwa modal dan pengalaman kerja secara baik (efektif dan efisien) dapat meningkatkan jumlah produktivitas dan pendapatan yang dihasilkan peternak Kambing Peranakan Etawa (PE) di Kecmatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.


 


Kata kunci: Modal, Pengalaman Kerja, Produktivitas, Pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-29
How to Cite
PRATAMA, Putu Yosua; BUDIASA, Gede Sudjana. ANALISIS DETERMINAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN PETERNAK KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI KECAMATAN BUSUNGBIU, KABUPATEN BULELENG. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 10, p. 4202 - 4231, oct. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56614>. Date accessed: 05 may 2024.