PENGARUH BELANJA MODAL DAN INVESTASI SWASTA TERHADAP KESEMPATAN KERJA DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • Luh Triska Widiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Sudarsana Arka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh belanja modal dan investasi swasta terhadap kesempatan kerja dan kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Bali. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Bali menggunakan sembilan kabupaten/kota, dengan rentang waktu tahun 2011 hingga 2018. Ukuran sampel sebanyak 72 pengamatan dengan mengkombinasikan data time series dengan cross section. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur/path untuk menganalisis pengaruh langsung dan uji sobel untuk menganalisis pengaruh tidak langsung. Berdasarkan analisis jalur, hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa variabel belanja modal berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kesempatan kerja dan investasi swasta berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja kabupaten/kota di Provinsi Bali. Variabel belanja modal, investasi swasta dan kesempatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesempatan kerja tidak memediasi pengaruh belanja modal terhadap kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Bali sementara itu, kesempatan kerja memediasi pengaruh investasi swasta terhadap kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Provinsi Bali.


 


Kata kunci: belanja modal, investasi swasta, kesempatan kerja, kesejahteraan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-21
How to Cite
WIDIANI, Luh Triska; ARKA, Sudarsana. PENGARUH BELANJA MODAL DAN INVESTASI SWASTA TERHADAP KESEMPATAN KERJA DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 182 – 215, jan. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56171>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)