PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN JAM KERJA TERHADAP PRODUKSI DAN KEUNTUNGAN INDUSTRI KERAJINAN UKIRAN PATUNG KAYU DI KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR

  • Ni Komang Wiwiek Widyastiti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Luh Karmini

Abstract

Perkembangan jumlah industri kerajinan kayu ukir di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar selalu mengalami peningkatan. Persaingan yang tinggi antar pemilik usaha dalam memperoleh keuntungan menuntut pelaku usaha untuk meningkatkan kinerja dalam menciptakan inovasi produk yang baru agar serta meningkatkan strategi penjualan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh pengalaman kerja dan jam kerja terhadap produksi industri kerajinan ukiran patung kayu di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. (2) menganalisis pengaruh pengalaman kerja, jam kerja, dan produksi terhadap keuntungan industri kerajinan ukiran patung kayu di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar, dan (3) menganalisis pengaruh tidak langsung pengalaman kerja dan jam kerja terhadap keuntungan melalui produksi industri kerajinan ukiran patung kayu di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. Data yang digunakan adalah data primer dengan sampel sebanyak 93 responden dengan metode accidental sampling, yang dianalisis dengan teknik analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan pengalaman kerja dan jam kerja secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi industri kerajinan ukiran patung kayu. Pengalaman kerja, jam kerja, dan produksi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keuntungan industri kerajinan ukiran patung kayu. Pengalaman kerja dan jam kerja berpengaruh secara tidak langsung terhadap keuntungan melalui produksi industri kerajinan ukiran patung kayu di Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar.


Kata Kunci: Pengalaman Kerja, Jam Kerja, Produksi, Keuntungan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-27
How to Cite
WIDYASTITI, Ni Komang Wiwiek; KARMINI, Ni Luh. PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN JAM KERJA TERHADAP PRODUKSI DAN KEUNTUNGAN INDUSTRI KERAJINAN UKIRAN PATUNG KAYU DI KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 1272 - 1300, mar. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56056>. Date accessed: 25 apr. 2024.