ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI DI DESA BEBANDEM KECAMATAN BEBANDEM KABUPATEN KARANGASEM

  • I Komang Robintara, Ni Putu Martini Dewi Feb Unud

Abstract

Ketergantungan masyarakat Desa Bebandem terhadap hasil produksi padi ternyata memiliki banyak kendala. Seringkali nilai tukar petani (NTP) yang diperoleh oleh masyarakat Desa Bebandem ini masih tergolong rendah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah:1) untuk menganalisis pengaruh luas lahan, biaya produksi  dan hasil produksi  terhadap pendapatan petani padi di Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem; 2) untuk menganalisis pengalaman kerja memoderasi pengaruh hasil produksi padi terhadap pendapatan petani padi di Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem; 3) untuk mengetahui faktor dominan yang paling berpengaruh terhadap pendapatan petani padi di Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Teknik Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Moderasi. Hasil dari penelitian ini yaitu luas lahan, biaya produksi dan hasil produksi berpengaruh positif terhadap pendapatan petani padi di Desa Bebandem. Pengalaman kerja memperkuat pengaruh hasil produksi pada pendapatan petani padi di Desa Bebandem. Variabel pengalaman kerja yang paling dominan mempengaruhi pendapatan petani padi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-27
How to Cite
NI PUTU MARTINI DEWI, I Komang Robintara,. ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI DI DESA BEBANDEM KECAMATAN BEBANDEM KABUPATEN KARANGASEM. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 1098 – 1126, mar. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/54340>. Date accessed: 27 apr. 2024.