PENGARUH UMUR, PENDIDIKAN, JUMLAH TANGGUNGAN, JAM KERJA TERHADAP PENDAPATAN TENAGA KEBERSIHAN PEREMPUAN DI KOTA DENPASAR

  • Mimid Robiyanto, Ida Ayu Nyoman Saskara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Dampak dari kebutuhan hidup yang layak suatu keluarga terus meningkat menyebabkan banyaknya kaum wanita yang turun dalam mencari tambahan pendapatan, tidak hanya itu wanita dari  keluarga ekonomi menengah ke atas juga  tidak sedikit yang terjun dalam dunia kerja guna memenuhi pendapatan keluarga, disamping sebagai eksistensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, dan curahan jam kerja terhadap pendapatan tenaga kebersihan perempuan. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, dengan sampel sebanyak 84 responden dari total populasi 528. Analisis dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasil analisi menujukan bahwa umur, tingkat pendidikan, dan jumlah tanggungan keluarga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pendaptan tenaga kebersihan perempuan di Kota Denpasar. Secara parsial hasil analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa umur, tingkat pendidikan, dan jumlah tanggugan keluarga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pendaptan tenaga kebersihan perempuan di Kota Denpasar. Hasil analisis untuk curahan jam kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendaptan tenaga kebersihan perempuan di Kota Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-15
How to Cite
IDA AYU NYOMAN SASKARA, Mimid Robiyanto,. PENGARUH UMUR, PENDIDIKAN, JUMLAH TANGGUNGAN, JAM KERJA TERHADAP PENDAPATAN TENAGA KEBERSIHAN PEREMPUAN DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 9, n. 1, jan. 2020. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/52777>. Date accessed: 28 mar. 2024.