PERAN JUMLAH PRODUKSI DALAM MEMEDIASI PENGARUH LUAS LAHAN, MODAL, DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN PETANI KOPI ROBUSTA

  • I Made Bagus Widyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayan
  • I Wayan Wenagama

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh luas lahan, modal, dan tenaga kerja terhadap produksi dan pendapatan petani kopi robusta di Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh petani kopi robusta di Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan, dengan menggunakan teknik penentuan sampel secara teknik probability sampling dengan metode Simple Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa luas lahan, modal dan tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produksi kopi robusta. Luas lahan, modal, tenaga kerja dan produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani kopi robusta. Produksi memediasi pengaruh luas lahan, modal dan tenaga kerja terhadap pendapatan petani kopi robusta. Artinya bahwa penggunaan luas lahan, modal dan tenaga kerja secara baik (efektif dan efisien) maka dapat meningkatkan jumlah produksi dan pendapatan yang dihasilkan petani kopi robusta di Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan.


Kata Kunci: luas lahan, modal, tenaga kerja, produksi, pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-28
How to Cite
WIDYAWAN, I Made Bagus; WENAGAMA, I Wayan. PERAN JUMLAH PRODUKSI DALAM MEMEDIASI PENGARUH LUAS LAHAN, MODAL, DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN PETANI KOPI ROBUSTA. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 9, p. 3703 – 3739, sep. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/52108>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>