PENGARUH INDUSTRI PARIWISATA DAN INVESTASI TERHADAP KESEMPATAN KERJA SERTA PDRB SEKTOR PARIWISATA KABUPATEN/KOTA PROVINSI BALI

  • Gede Arisutha FEB UNUD
  • Ida Bagus Darsana

Abstract

Fenomena pembangunan yang perlu mendapatkan perhatian lebih serius di Provinsi Bali adalah pembangunan industri pariwisata dan investasi. Hal ini berdampak terhadap kesempatan kerja serta pendapatan di sektor pariwisata sehingga perlu adanya upaya untuk menyeimbangkan pembangunan industri pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jumlah industri pariwisata dan investasi terhadap kesempatan kerja di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bali, menganalisis pengaruh jumlah industri pariwisata, investasi dan kesempatan kerja terhadap PDRB sektor pariwisata di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bali, menganalisis pengaruh tidak langsung jumlah industri pariwisata dan investasi terhadap PRRB sektor pariwisata melalui kesempatan kerja di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bali. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Bali. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series tahun 2013-2017 dan data cross section sebanyak sembilan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa jumlah industri pariwisata dan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja. Jumlah industri pariwisata dan kesempatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB sektor pariwisata. Investasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PDRB sektor pariwisata. Kesempatan kerja memediasi secara parsial pengaruh jumlah industri pariwisata dan investasi terhadap PDRB sektor pariwisata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-18
How to Cite
ARISUTHA, Gede; DARSANA, Ida Bagus. PENGARUH INDUSTRI PARIWISATA DAN INVESTASI TERHADAP KESEMPATAN KERJA SERTA PDRB SEKTOR PARIWISATA KABUPATEN/KOTA PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 8, n. 11, p. 2689 - 2717, nov. 2019. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/47913>. Date accessed: 27 apr. 2024.