PERAN JUMLAH PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KOTA DENPASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan e-commerce dan jumlah pelanggan terhadap pendapatan pelaku UMKM di Kota Denpasar. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada pemilik UMKM di Kota Denpasar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 89 unit UMKM di Kota Denpasar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-commerce berpengaruh positif terhadap jumlah pelanggan, hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya penggunaan e-commerce maka akan meningkatkan jumlah pelanggan di suatu UMKM di Kota Denpasar. Penggunaan e-commerce dan jumlah pelanggan berpengaruh positif terhadap pendapatan UMKM. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa jumlah pelanggan merupakan variabel mediasi pengaruh penggunaan e-commerce terhadap pendapatan pelaku UMKM di Kota Denpasar.
Kata Kunci: jumlah pelanggan, e-commerce, pendapatan