Pengaruh Jumlah Produksi Kedelai Dalam Negeri, Harga Kedelai Dalam Negeri dan Kurs Dollar Amerika Terhadap Volume Impor Kedelai Indonesia

  • Aditya Bangga Yoga Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Ida Ayu Nyoman Saskara Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Jumlah produksi kedelai, harga kedelai domestik dan kurs dollar amerika merupakan tiga dari sekian banyak alat yang mampu digunakan pemerintah guna mengambil keputusan untuk melakukan impor kedelai. Kedelai di Indonesia sejak dahulu olahannya sangat disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Namun banyaknya permintaan kedelai didalam negeri sendiri tidak mampu dipenuhi hanya dengan mengandalkan hasil produksi dalam negeri saja dan dari tahun ke tahun banyak petani beralih dari tanaman ini sehingga Indonesia sangat bergantung pada impor kedelai untuk memenuhi permintaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara jumlah produksi kedelai, harga kedelai domestik dan kurs dollar amerika terhadap volume impor dalam negeri. Teknik untuk menganalisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jumlah produksi kedelai dan harga kedelai domestik negatif dan signifikan, sedangkan kurs dollar amerika negatif dan tidak signifikan terhadap volume impor kedelai di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-04
How to Cite
BANGGA YOGA, Aditya; SASKARA, Ida Ayu Nyoman. Pengaruh Jumlah Produksi Kedelai Dalam Negeri, Harga Kedelai Dalam Negeri dan Kurs Dollar Amerika Terhadap Volume Impor Kedelai Indonesia. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], mar. 2013. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/4581>. Date accessed: 18 may 2024.

Keywords

Volume Impor ; Produksi Kedelai ; Harga Kedelai ; Kurs Dollar ; Permintaan Kedelai