Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kontribusi Perempuan Bali Pada Pendapatan Keluarga Pedagang Cenderamata Di Pasar Kumbasari

  • Putu Aris Noviani Universitas Udayana
  • A.A.I.N Marhaeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, serta intensitas kegiatan adat dan agama terhadap curahan jam kerja, 2) pengaruh umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, intensitas kegiatan adat dan agama, serta curahan jam kerja terhadap kontribusi perempuan Bali pada pendapatan keluarga, dan 3) peran curahan jam kerja dalam memediasi pengaruh umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, serta intensitas kegiatan adat dan agama terhadap kontribusi perempuan Bali pada pendapatan keluarga. Sampel penelitian sebanyak 89 responden dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa umur, tingkat pendidikan, dan jumlah tanggungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan, intensitas kegiatan adat dan agama tidak berpengaruh negatif terhadap curahan jam kerja. Umur, tingkat pendidikan, dan jumlah tanggungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan, intensitas kegiatan adat dan agama tidak berpengaruh negatif, curahan jam kerja tidak berpengaruh positif terhadap kontribusi perempuan Bali pada pendapatan keluarga. Curahan jam kerja tidak memediasi pengaruh umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, serta intensitas kegiatan adat dan agama terhadap kontribusi perempuan Bali pada pendapatan keluarga.


Kata kunci: curahan jam kerja, kontribusi perempuan Bali, pendapatan keluarga

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-07
How to Cite
ARIS NOVIANI, Putu; MARHAENI, A.A.I.N. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kontribusi Perempuan Bali Pada Pendapatan Keluarga Pedagang Cenderamata Di Pasar Kumbasari. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], p. 330-358, feb. 2019. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/44121>. Date accessed: 25 apr. 2024.