Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Keuangan Dan Kesejahteraan Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Bali

  • Ida Ayu Nilam Ulandari Universitas Udayana
  • Ida Bagus Putu Purbadharmaja

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Provinsi Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi non partisipan. Sumber data penelitian bersumber dari data sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut : (1) Tingkat partisipasi angkatan kerja berpengaruh negatif signifikan secara langsung terhadap kemandirian keuangan di Provinsi Bali. Kontribusi anggaran pemerintah berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kemandirian keuangan di Provinsi Bali (2) Kemudian Tingkat Partisipasi Angkatan  Kerja berpengaruh negatif dan signifikan secara langsung terhadap kesejahteraan di Provinsi Bali. Kontribusi Anggaran Pemerintah tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan di Provinsi Bali dan Kemandirian Keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kesejahteraan. (3) Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja tidak berpengaruh secara langsung terhadap kesejahteraan melalui kemandirian Keuangan di Provinsi Bali. Kontribusi anggaran Pemerintah tidak berpengaruh secara langsung terhadap kesejahteraan melalui kemandirian keuangan di provinsi Bali.


Kata kunci:            tingkat partisipasi angkatan kerja, kontribusi anggaran pemerintah, kemandirian keuangan dan kesejahteraan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-08
How to Cite
NILAM ULANDARI, Ida Ayu; PUTU PURBADHARMAJA, Ida Bagus. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Keuangan Dan Kesejahteraan Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], p. 1-31, jan. 2019. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/42495>. Date accessed: 04 may 2024.