ANALISIS PENGARUH MODAL USAHA, TENAGA KERJA DAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA INDUSTRI KERAJINAN RUMAH TANGGA BARANG DARI LOGAM DI DESA KAMASAN

  • I Dewa Gede Dinar Narendracista Universitas Udayana
  • I Gusti Wayan Murjana Yasa

Abstract

Modal usaha, tenaga kerja dan teknologi adalah hal yang penting bagi perkembangan bagi industri kerajinan rumah tangga barang dari logam di Bali. Menurut hasil perhitungan produk domestik bruto, sektor Industri masih memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal usaha, tenaga kerja dan teknologi secara simultan terhadap kinerja industri kerajinan rumah tangga barang dari logam di Desa Kamasan. Penelitian ini dilakukan di Desa Kamasan Kabupaten Klungkung dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 67 kerajinan rumah tangga logam yang menggunakan data primer dengan metode kuantitatif berbentuk asosiatif. Metode asosiatif digunakan dalam menganalisis pengaruh modal usaha, tenaga kerja dan teknologi terhadap kinerja industri kerajinan rumah tangga barang dari logam di Desa Kamasan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modal usaha, tenaga kerja dan teknologi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja industri kerajinan rumah tangga barang dari logam, sedangkan secara parsial modal usaha, tenaga kerja dan teknologi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja industri kerajinan rumah tangga barang dari logam di Desa Kamasan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-06
How to Cite
NARENDRACISTA, I Dewa Gede Dinar; MURJANA YASA, I Gusti Wayan. ANALISIS PENGARUH MODAL USAHA, TENAGA KERJA DAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA INDUSTRI KERAJINAN RUMAH TANGGA BARANG DARI LOGAM DI DESA KAMASAN. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], p. 1501-1529, june 2018. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/39013>. Date accessed: 20 apr. 2024.