Dampak Program KUR Bank BRI Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro di Pasar Kumbasari dan Pasar Kreneng Kota Denpasar

  • Luh Gede Arieska Dianthy
  • Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni

Abstract

Krisis ekonomi telah menurunkan tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia, berdasarkan survei pada tahun 2003. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesejahterahan rakyat yaitu dengan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, masih banyak kendala yang dihadapi, salah satunya adalah masalah permodalan. Oleh sebab itu pemerintah mencanangkan program KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dapat membantu UMKM dalam masalah permodalan. Sehingga perlu diadakannya evaluasi terkait dengan program KUR BRI yang diserap di Pasar Kumbasari dan Pasar Kreneng Kota Denpasar. Tujuan dari pada penelitian ini yaitu 1) Menganalisis persepsi penerima kredit terhadap eksistensi Program KUR Bank BRI di Pasar Kumbasari dan Pasar Kreneng, 2) Menganalisis perbedaan kondisi usaha penerima KUR yang menyangkut modal usaha, omzet, asset, variasi produk, dan pendapatan sebelum dan sesudah menerima kredit dari Bank BRI di Pasar Kumabsari dan Pasar Kreneng. 3) Menganalisis perbedaan dampak KUR Bank BRI terhadap pendapatan penerima KUR di Pasar Kumbasari dengan penerima KUR di Pasar Kreneng.


Hasil analisis persepsi menunjukkan penerima kredit terhadap eksistensi program KUR BRI dilihat dari sosialisasi yang dilakukan dikedua pasar telah dilakukan dengan baik oleh petugas, dari segi persyaratan menurut pedagang di Pasar Kumbasari dan Kreneng, persyaratan untuk memperoleh KUR tergolong mudah, dan cepat dalam proses pencairannya. Program KUR memberikan manfaat bagi penerima. Frekuensi menerima KUR rata-rata dikedua pasar hanya satu kali. Program KUR BRI berdampak positif dan ada perbedaan kondisi modal, omzet aset, variasi produk, dan pendapatan antara sebelum dan sesudah menerima KUR di Pasar Kumbasari dan Pasar Kreneng. Terdapat perbedaan dampak penerima KUR Bank BRI di Pasar Kumbasari dengan penerima KUR di Pasar Kreneng. Dampak yang ditimbulkan dengan adanya Program KUR Bank BRI di Pasar Kumbasari lebih besar dibandingkan dengan dampak yang ditimbulkan di Pasar Kreneng, diukur dari segi pendapatan pedagang.


Kata Kunci : Kesejahteraan, UMKM, KUR Bank BRI                               


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-02
How to Cite
DIANTHY, Luh Gede Arieska; MARHAENI, Anak Agung Istri Ngurah. Dampak Program KUR Bank BRI Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro di Pasar Kumbasari dan Pasar Kreneng Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], p. 1687-1711, oct. 2017. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/31583>. Date accessed: 16 may 2024.