Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Penerimaan Pajak Hotel, Restoran Dan Pendapatan Retribusi Obyek Wisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Bangli Periode 2009-2015

  • agastya brahmana w ida bagus Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Ketut Sudiana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Sektor pariwisata di kabupaten Bangli saat ini  merupakan sektor yang berpotensi untuk di kembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Wisatawan yang melakukan kegiatan wisata dengan mengunjungi obyek wisata akan dikenakan biaya berupa karcis masuk, yang akan menghasilkan pendapatan retribusi obyek wisata. Kabupaten Bangli menyediakan hotel dan restoran sebagai sarana penunjang pariwisatanya sebagai sumber pendapatan daerah melalui sektor pajak sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Bangli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah kunjungan wisatawan, pajak hotel restoran dan retribusi obyek wisata terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Bangli. Penelitian ini menggunakan data skunder, dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan  jumlah kunjungan wisatawan berpengaruh terhadap retribusi obyek wisata. Kunjungan wisatawan, pajak hotel restoran dan retribusi obyek wisata  berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah. Di pihak lain terdapat pengaruh tidak langsung dari jumlah kunjungan wisatawan terhadap pendapatan asli daerah melalui retribusi obyek wisata dan merupakan variabel mediasi. Dari hasil analisis dapat disarankan bahwa hendaknya pemerintah Kabupaten Bangli lebih gencar melakukan promosi pariwisata agar dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-11
How to Cite
IDA BAGUS, agastya brahmana w; SUDIANA, I Ketut. Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Penerimaan Pajak Hotel, Restoran Dan Pendapatan Retribusi Obyek Wisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Bangli Periode 2009-2015. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/24256>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Keywords

Jumlah Kunjungan Wisatawan, PHR, Retribusi Obyek Wisata, PAD