Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Tidak Langsung terhadap Kemiskinan melalui Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Bali Tahun 2007-2013

  • Arini Arini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Made Dwi Setyadhi Mustika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang dihadapi setiap daerah, banyak upaya yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan diantaranya meningkatkan belanja tidak langsung agar masyarakat semakin sejahtera, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh langsung maupun pengaruh tidak langsung pendapatan asli daerah dan belanja tidak langsung terhadap kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bali. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi non partisipan. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Path analysis merupakan metode analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh langsung dan uji sobel untuk mengetahui pengaruh tidak langsung. Hasil analisis menunjukkan PAD memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi namun belanja tidak langsung tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. PAD dan pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan namun belanja tidak langsung tidak memiliki pengaruh terhadap kemiskinan. pertumbuhan ekonomi merupakan variabel mediasi dalam pengaruh belanja tidak langsung terhadap kemiskinan namun pertumbuhan ekonomi bukan sebagai variabel mediasi dalam pengaruh belanja tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-21
How to Cite
ARINI, Arini; MUSTIKA, Made Dwi Setyadhi. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Tidak Langsung terhadap Kemiskinan melalui Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Bali Tahun 2007-2013. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], oct. 2015. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/15404>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Keywords

Pendapatan Asli Daerah;Belanja Tidak Langsung;Pertumbuhan Ekonomi;Kemiskinan