Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap impor barang konsumsi di Indonesia

  • Putu Suryandanu Willyan Richart Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Luh Gede Meydianawati Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang yang dimana produksi perindustriannya belum mampu menopang seluruh permintaan dalam negeri. Ini tercermin dari ketergantungan Indonesia terhadap bahan baku dan penolong dan juga barang konsumsi serta modal yang masih cukup besar. Masyarakat Indonesia yang konsumtif ditambah dengan sebagian besar produk dalam negeri yang juga belum mampu bersaing dengan produk luar serta isu perdagangan bebas yang akan dimulai pada tahun 2015 mendatang, maka Indonesia akan semakin tergantung akan barang impor kedepannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kurs Dollar Amerika, Cadangan Devisa, Inflasi dan Produk Domestik Bruto secara serempak dan parsial terhadap volume Impor Barang Konsumsi di Indonesia Tahun 1994-2011, dan teknik analisis yang dipergunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil ini menyatakan secara bersama-sama variabel Kurs Dollar Amerika, Cadangan Devisa, Inflasi dan Produk Domestik Bruto dalam mempengaruhi variabel Impor Barang Konsumsi di Indonesia. Hasil uji secara parsial yang menunjukkan, variabel Kurs Dollar Amerika, Cadangan Devisa, Inflasi dan Produk Domestik Bruto berpengaruh signifikan terhadap Impor Barang Konsumsi di Indonesia. Dilihat dari variabel yang paling dominan, Kurs Dollar Amerika merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap impor barang konsumsi.
Oleh karena kurs dollar Amerika sebagai variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap impor barang konsumsi di Indonesia, maka pemerintah diharapkan mampu menjaga kestabilan kurs dollar Amerika terhadap rupiah dan juga mampu menumbuh kembangkan industri dalam negerinya. Dukungan para produsen dengan memberikan kualitas produksi yang baik juga akan sangat membantu pemerintah dalam mengembangkan industri dalam negeri, sehingga masyarakat Indonesia kembali beralih pada produk-produk dalam negeri. Ini akan memperkuat nilai mata uang dalam negeri yang dimana akan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-12-20
How to Cite
WILLYAN RICHART, Putu Suryandanu; MEYDIANAWATI, Luh Gede. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap impor barang konsumsi di Indonesia. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], dec. 2014. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/10470>. Date accessed: 03 july 2024.

Keywords

barang konsumsi, impor, kurs dollar, cadangan devisa, inflasi, produk domestik bruto.