PERAN MOTIVASI BELANJA MEMEDIASI PENGARUH EWOM TERHADAP NIAT BELI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK

  • Ni Kadek Zilda Dwi Jayanthi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Wayan Sri Suprapti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ditandai dengan munculnya internet telah berdampak terhadap berbagai sisi kehidupan. Salah satunya adalah berdampak terhadap cara belanja konsumen yang semula dilakukan secara luring kini banyak beralih menjadi secara daring. Munculnya berbagai media sosial telah menyebabkan pemasar menggunakan media tersebut untuk mengkomunikasikan produknya kepada konsumen dan bagi konsumen untuk sarana menyampaikan pendapatnya tentang produk yang dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth, motivasi belanja terhadap niat beli dalam media sosial TikTok, serta mengetahui apakah motivasi belanja merupakan variabel mediasi. Penelitian menggunakan teknik penentuan sampel purposive dengan sampel sebanyak 100 orang responden yang berdomisili di Kota Denpasar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menemukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belanja, motivasi belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, serta motivasi belanja mampu memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli. Implikasi penelitian ini adalah eWOM yang disampaikan dengan sangat baik melalui media TikTok mampu menyebabkan penggunanya memiliki motivasi yang tinggi untuk berbelanja dan menimbulkan niat yang kuat untuk membeli produk yang diiklankan melalui TikTok.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
How to Cite
JAYANTHI, Ni Kadek Zilda Dwi; SRI SUPRAPTI, Ni Wayan. PERAN MOTIVASI BELANJA MEMEDIASI PENGARUH EWOM TERHADAP NIAT BELI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 447-457, mar. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/99669>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i03.p03.
Section
Articles