PERAN KEPUASAN MEMEDIASI PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GERAI KOPI
Abstract
Prospek bisnis kedai kopi muncul sebagai akibat dari kebiasaan mengunjungi kedai kopi. Salah satu kedai kopi yang paling terkenal dan populer di Kota Denpasar adalah Starbucks. Pelanggan kembali ke kedai Starbucks di Kota Denpasar karena memiliki suasana hati yang menyenangkan ketika berbelanja di sana. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan hubungan antara hedonic shopping value, loyalitas pelanggan, dan kepuasan sebagai mediator. Terdapat 130 partisipan dalam penelitian ini. Sebagai permulaan, dilakukan survei untuk mengumpulkan informasi; selanjutnya, menggunakan Analisis Jalur dan Uji Sobel untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 2) hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 3) kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 4) kepuasan mampu memediasi pengaruh hedonic shopping value terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi mengenai hubungan antara hedonic shopping value, kepuasan, dan loyalitas pelanggan dan dapat dijadikan acuan bagi manajemen Gerai Starbucks guna mempertimbangkan hedonic shopping value dan kepuasan untuk meningkatkan loyalitas pelangganya.