ANALISIS TINGKAT PENCAPAIAN PENDIDIKAN WAJIB BELAJAR 9 TAHUN ANTAR PROVINSI DI INDONESIA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana variabel bebas yaitu pengeluaran pemerintah sektor pendidikan (PPEND), rasio murid dan guru (RMG), PDRB perkapita (PDRBKAP), pengeluaran pemerintah sektor kesehatan (PKES) dan jumlah sekolah (INFRA) dapat mempengaruhi variabel tidak bebas yaitu program wajib belajar 9 tahun yang ditunjukkan oleh tamatan pendidikan SD dan SMP. Ruang lingkup penelitian adalah skala provinsi dengan menggunakan data yang tergabung dari cross section dan time series (panel data). Periode penelitian dimulai dari tahun 2016-2020. Model yang digunakan sebanyak dua persamaan dengan memisahkan variabel tidak bebas lulusan SD dan SMP. Hasil estimasi dengan menggunakan analisis regresi panel data menunjukkan bahwa hanya variabel PDRB perkapita (PDRBKAP) yang tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, sedangkan variabel bebas lainnya yaitu pengeluaran pemerintah sektor pendidikan (PPEND), rasio murid dan guru (RMG), pengeluaran pemerintah sektor kesehatan (PKES) dan jumlah sekolah (INFRA) berpengaru secara signifikan terhadap variabel tidak bebas dalam setiap persamaan