PENGARUH KETIDAKPUASAN, VARIETY SEEKING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND SWITCHING DARI SMARTPHONE ANDROID KE IPHONE

  • Gede Nanda Dharmawan Pulasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Tjokorda Gde Raka Sukawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Brand switching merupakan suatu pola pembelian yang ditandai dengan beralihnya konsumen dari satu merek ke merek lainnya yang dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu ketidakpuasan, variety seeking, dan brand image. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh ketidakpuasan, variety seeking, dan brand image terhadap brand switching dari smartphone Android ke Iphone. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden pengguna smartphone Iphone yang sebelumnya melakukan perpindahan dari smartphone Android dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dengan metode penentuan sampel yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jawaban dari responden dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketidakpuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching. Variety seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29
How to Cite
PULASARI, Gede Nanda Dharmawan; RAKA SUKAWATI, Tjokorda Gde. PENGARUH KETIDAKPUASAN, VARIETY SEEKING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND SWITCHING DARI SMARTPHONE ANDROID KE IPHONE. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 207-215, feb. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/88827>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i02.p01.
Section
Articles