PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, collateral, profitabilitas dan growth opportunity (variabel independen) terhadap struktur modal (variabel dependen) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 195 sampel dari 39 perusahaan makanan dam minuman yang terdaftar di BEI periode tahun 2016-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode analisis penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode analisis berganda dengan menggunakan jenis data sekunder berupa laporan keuangan yang didapatkan dari website www.idx.co.id. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa secara simultan bahwa variabel ukuran perusahaan, collateral, profitabilitas, dan growth opportunity berpengaruh signifikan terhadap variabel struktur modal yang di proksikan Debt to Equity Ratio (DER). Secara parsial variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel struktur modal, variabel collateral berpengaruh negatif signifikan terhadap variabel struktur modal, variabel profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap variabel struktur modal dan variabel growth opportunity tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel struktur modal