PERAN POSITIVE EMOTION MEMEDIASI PENGARUH SALES PROMOTION DAN HEDONIC CONSUMPTION TERHADAP IMPULSE BUYING

  • Putu Indy Widiananda Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Agung Ketut Sri Andani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i01.p03

Abstrak

Berdasarkan hasil survey pada 6 kota besar di Indonesia, Lazada bukan prioritas utama masyarakat dalam melakukan pembelanjaan secara online. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis peran positive emotion dalam memediasi pengaruh sales promotion dan hedonic consumption terhadap impulse buying pada pelanggan Lazada. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel 130 orang yang ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Analisis data menggunakan SEM berbasis PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales promotion, hedonic consumption, dan positive emotions memberikan pengaruh yang positif signifikan pada impulse buying. Sales promotion serta hedonic consumption memberikan pengaruh positifnya yang signifikan pada positive emotion, Positive emotion dapat melakukan mediasi secara signifikan hubungan sales promotions serta hedonic consumption pada impulses buying.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-01-31
##submission.howToCite##
PUTRI, Putu Indy Widiananda; ANDANI, I Gusti Agung Ketut Sri. PERAN POSITIVE EMOTION MEMEDIASI PENGARUH SALES PROMOTION DAN HEDONIC CONSUMPTION TERHADAP IMPULSE BUYING. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 15-31, jan. 2023. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/86046>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i01.p03.
Bagian
Articles