BRANDING DIGITAL LABUAN BAJO DALAM MENARIK FREE INDEPENDENT TRAVELER CINA

  • Ni’matun Nasim Prodi Magister Pariwisata Universitas Udayana
  • A.A. Putu Agung Suryawan Wiranatha Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Oka Suryawardani Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i10.p08

Abstrak

Free Independent Traveler (FIT) merupakan mayoritas pasar terbesar di Labuan Bajo, termasuk wisatawan FIT asal Cina. Karakteristik utama jenis wisatawan ini adalah ketergantungannya terhadap internet, sehingga sangat penting bagi suatu destinasi untuk memanfaatkan pemasaran digital dalam pembangunan citra destinasi. Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk mengidentifikasi potensi Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas di Indonesia, menganalisis daya tarik utama Labuan Bajo bagi wisatawan FIT Cina, dan mengembangkaan strategi branding digital Labuan Bajo dalam konteks wisatawan FIT Cina. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui kajian pustaka, observasi, wawancara, dan social listening. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis kualitatif deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pink Beach, Pulau Padar, komodo, dan kegiatan live on board dapat dijadikan sebagai representasi brand Labuan Bajo dalam sistem pemasaran digital Cina. Oleh karena itu, Labuan Bajo disarankan untuk memilih platform digital Cina yang tepat, menggunakan bahasa Mandarin, dan bekerja sama dengan key opinion leader (KOL) Cina di setiap unggahan konten demi memastikan janji (promise) Labuan Bajo tersampaikan dengan baik di komunitas daring wisatawan FIT Cina.


Kata Kunci: pemasaran digital; Labuan Bajo; FIT; Cina

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-10-26
##submission.howToCite##
NASIM, Ni’matun; WIRANATHA, A.A. Putu Agung Suryawan; OKA SURYAWARDANI, I Gusti Ayu. BRANDING DIGITAL LABUAN BAJO DALAM MENARIK FREE INDEPENDENT TRAVELER CINA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 911-920, oct. 2021. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/75211>. Tanggal Akses: 15 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i10.p08.
Bagian
Articles