Determinasi Emosional Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Skin Care Clinic
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui determinasi emosional merek dan kepercayaan merek terhadap kepuasan pelanggan pada skin care clinic. Metode Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan metode sampling termasuk kedalam sampel random sampling, dengan melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 290 responden kepada pelanggan skin care clinic. Teknik analisis yang digunakan penulis adalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, koefesien korelasi ganda dan koefesien determinasi. Dan untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan uji statistik secara parsial (uji t) dan uji simultan (uji f).
Hasil penelitian uji koefisien determinasi dilihat dari nilai (Adjusted R²) sebesar 0,603 diartikan bahwa pengaruh Emosional Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Pelanggan adalah 60,3% Sisanya 39,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dan berdasarkan uji koefisien korelasi ganda dilihat dari nilai R sebesar 0,606 menunjukan bahwa terjadi hubungan yang sangat kuat antara Emosional Merek dan Kepercayaan Merek dengan Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan uji f nilai probabilitas sig. 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa secara bersama-sama Emosional Merek (X1) dan Kepercayaan Merek (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Berdasarkan uji t menunjukan bahwa Emosional Merek (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), Kepercayaan Merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
Kata Kunci : Emosional Merek, Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan.