HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIAL DEMOGRAFI KONSUMEN DENGAN RESPON TERHADAP STIMULI KOMUNIKASI PEMASARAN (Produk Bancassurance AIA-BCA)
Abstract
Penelitian ini menguji hubungan karakteristik sosial demografi konsumen (usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, pekerjaan, tempat kerja, status keluarga, jumlah anak, total pengeluaran keluarga per bulan) dengan respon terhadap stimuli komunikasi pemasaran (AIDA) pada produk Bancassurance AIA-BCA. Responden penelitian adalah 300 nasabah dan dianalisis menggunakan alat Crosstabs Analysis dan Chi-Square Test. Hasil penelitian menunjukkan variabel selain jenis kelamin berhubungan signifikan dengan stimuli AIDA. Responden tua (? 30 tahun), pendidikan tinggi, pekerjaan profesional dan wirausaha, tempat kerja swasta dan sendiri/wirausaha, berkeluarga dan janda/duda, jumlah anak diatas dua, total pengeluaran keluarga per bulan diatas Rp. 7.500.000,- mempunyai sikap lebih positif terhadap stimuli AIDA.
Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Konsep AIDA, Variabel Sosial Demografi