PERAN KECINTAAN MEREK DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN (Studi pada Pengguna iPhone di Denpasar)

  • I Dewa Gede Kresna Wirawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Putu Gde Sukaatmadja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i06.p09

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peran kecintaan merek dengan pendekatan kausal dan faktor-faktor yang membangun hubungan merek konsumen (identifikasi merek, kepercayaan merek dan komitmen merek) yang berdampak pada word-of mouth dan kesediaan untuk membayar dengan harga premium pada pengguna iPhone. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan metode Partial Least Square dengan sampel sebanyak 100 orang yang berdomisili di Denpasar. Penentuan sampel dengan metode nonprobability sampling, yaitu purposive sampling, dengan kriteria responden yang menggunakan smartphone iPhone selama 2 tahun terakhir. Temuan pada penelitian ini menunjukkan identifikasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecintaan merek dan komitmen merek. Kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecintaan merek dan komitmen merek. Kecintaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen merek, word-of-mouth, dan kesediaan membayar dengan harga premium. Komitmen merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap word-of-mouth dan terhadap kesediaan membayar dengan harga premium. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa penting bagi pihak manajemen untuk meningkatkan kesadaran merek iPhone sehingga pengguna dapat dengan mudah mengenali merek melalui bentuk produk, durabilitas produk, dan kecanggihannya. Ini akan berdampak pada penilaian positif terhadap iPhone dan meningkatkan emosional pengguna sehingga pengguna memandang iPhone merupakan merek yang terbaik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2018-06-25
##submission.howToCite##
WIRAWAN, I Dewa Gede Kresna; SUKAATMADJA, I Putu Gde. PERAN KECINTAAN MEREK DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN (Studi pada Pengguna iPhone di Denpasar). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1723-1748, june 2018. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/39084>. Tanggal Akses: 15 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i06.p09.
Bagian
Articles