PENDEKATAN TAM DALAM LAYANAN GO-MASSAGE PADA APLIKASI GO-JEK

  • Ni Putu Wulan Widasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Made Wardana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Putu Yudi Setiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Tujuan Penelitian ini menjelaskan pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko terhadap sikap dan niat beli Go-Massage pada aplikasi Go-Jek. Populasi penelitian ini tidak terbatas (infinite) yang merupakan pengguna aplikasi Go-Jek di Kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik non-probability sampling dengan total responden berjumlah 120 orang. Temuan penelitian ini menunjukkan persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan persepsi manfaat dan sikap terhadap niat beli. Sebaliknya, persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap sikap dan niat beli. Implikasi teoritis pada penelitian ini adalah penelitian ini memperkuat teori sikap khususnya Technology Acceptance Model yang dikemukakan oleh Davis (1989). Implikasi praktis berguna bagi perusahaan untuk mendalami konstruk yang memberikan pengaruh besar terhadap niat beli. Untuk kedepannya, perusahaan disarankan lebih berfokus pada persepsi manfaat guna mendorong niat beli konsumen terhadap layanan Go-Massage yang ditawarkan pada aplikasi Go-Jek


Kata kunci: TAM, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Sikap, dan Niat Beli

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-21
How to Cite
WIDASARI, Ni Putu Wulan; WARDANA, I Made; SETIAWAN, Putu Yudi. PENDEKATAN TAM DALAM LAYANAN GO-MASSAGE PADA APLIKASI GO-JEK. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 869-902, apr. 2018. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/36182>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i03.p09.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)