Pengaruh Risiko Kredit dan Risiko Nilai Tukar Terhadap Profitabilitas dan Return Saham Perbankan di Bursa Efek Indonesia

  • Alvita Chatarine Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Luh Putu Wiagustini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Luh Gede Sri Artini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Return adalah hasil yang diperoleh investor dari investasi yang dilakukannya.  Penilaian terhadap return yang akan diterima oleh investor yang akan berinvestasi di industri perbankan dapat menggunakan informasi-informasi keuangan bank yang tersedia dalam laporan keuangan bank guna mengukur kinerja bank. Kinerja bank tidak terlepas dari risiko yang dapat mengganggu keuntungan bank, seperti risiko kredit dan risiko nilai tukar dan kedua risiko ini merupakan risiko yang berpengaruh terhadap ketahanan perbankan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh risiko kredit dan risiko nilai tukar terhadap profitabilitas dan return saham perbankan. Sampel penelitian berjumlah 28 bank yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari publikasi laporan keuangan perbankan pada tahun 2011-2014. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dan uji Sobel (Sobel test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko kredit berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap return saham dan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, risiko nilai tukar berpengaruh positif signifikan terhadap return saham dan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Uji Sobel (Sobel test) dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas mampu memediasi risiko kredit terhadap return saham.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-25
How to Cite
CHATARINE, Alvita; WIAGUSTINI, Luh Putu; SRI ARTINI, Luh Gede. Pengaruh Risiko Kredit dan Risiko Nilai Tukar Terhadap Profitabilitas dan Return Saham Perbankan di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], nov. 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/22974>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Return, Profitabilitas, Risiko Kredit, Risiko Nilai Tukar