PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL (Studi pada Karyawan Outsourcing Depo Arsip PT X)

  • I Dewa Putu Gede Wiyata Putra Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Desak Ketut Sintaasih
  • Made Surya Putra

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh dukungan organisasional terhadap kepuasan kerja danĀ  komitmen organisasional, serta mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional. Dalam penelitian ini melibatkan 48 responden, yang semuanya adalah karyawan outsourcing dari vendor teknologi informasi di Depo Arsip PT X. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dukungan organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, (2) dukungan organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional, (3) kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional. Hasil penelitian ini mendukung teori bahwa semakin tinggi persepsi dukungan organisasional karyawan terhadap organisasi maka kepuasan kerja dan komitmen organisasional akan semakin tinggi. Implikasi praktis penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pihak vendor dalam hal membuat kebijakan dan keputusan terkait dengan dukungan organisasional, kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Pihak vendor disarankan lebih meningkatkan perhatiannya terhadap indikator dukungan atasan, gaji, komitmen berkelanjutan, karena indikatorĀ  tersebut dipersepsikan kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-24
How to Cite
WIYATA PUTRA, I Dewa Putu Gede; SINTAASIH, Desak Ketut; PUTRA, Made Surya. PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL (Studi pada Karyawan Outsourcing Depo Arsip PT X). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], nov. 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/22938>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

dukungan organisasional, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional.