PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK TEH BOTOL SOSRO DI KOTA DENPASAR)

  • I Gusti Putu Diva Maharani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Komang Agus Satria Pramudana

Abstract

Fenomena industri makanan dan minuman meningkat mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat, hususnya di Kota Denpasar menempati posisi tertinggi konsumsi makanan dan non makanan di Bali. Salah satu produk lokal yang bergerak dalam industri ini dan cukup dikenal oleh masyarakat adalah Teh Botol Sosro. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran citra merek memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan melibatkan 130 responden menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek pada konsumen produk Teh Botol Sosro di Kota Denpasar. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk Teh Botol Sosro di Kota Denpasar. Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk Teh Botol Sosro di Kota Denpasar. Citra merek secara positif dan signifikan memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Teh Botol Sosro di Kota Denpasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi empiris tentang hubungan antara variabel kualitas produk, citra merek, dan loyalitas pelanggan bagi pengembangan ilmu pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-30
How to Cite
MAHARANI, I Gusti Putu Diva; SATRIA PRAMUDANA, Komang Agus. PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK TEH BOTOL SOSRO DI KOTA DENPASAR). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1975-1985, sep. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/101935>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i09.p19.
Section
Articles