PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, WHISTLEBLOWING PADA PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN DANA DESA

  • Ni Wayan Sintya Prabawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Ketut Rasmini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Fraud merupakan perbuatan menyimpang atau tindakan melawan hukum yang dilakukan dengan sengaja untuk memperoleh keuntungan pribadi atau kelompok yag dapat merugikan orang lain atau pihak tertentu. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, akuntabilitas, transparansi, whistleblowing pada pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Penelitian ini dilakukan di 6 desa yang ada di Kecamatan Rendang dengan teknik penentuan sampel sampling total atau sensus. responden pada penelitian ini sebanyak 92 orang. Data analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu kompetensi sumber daya manusia, akuntabilitas, transparansi, whistleblowing berpengaruh positif pada pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan adanya kompetensi sumber daya manusia, akuntabilitas, transparansi serta didukung dengan whistleblowing yang memadai maka akan dapat meningkatkan pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-31
How to Cite
PRABAWATI, Ni Wayan Sintya; RASMINI, Ni Ketut. PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, WHISTLEBLOWING PADA PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN DANA DESA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 921-936, may 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/100852>. Date accessed: 30 june 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i05.p06.
Section
Articles