PENGARUH INFLUENCER, MOTIVASI, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT INVESTASI SAHAM DI KALANGAN MAHASISWA

  • Ni Putu Novi Wulandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Ketut Rasmini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Berinvestasi di pasar modal yakni satu dari sekian cara berinvestasi bagi seseorang yang ingin mengalokasikan modal yang berlebih serta mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Tujuan dari penelitian adalah guna melihat pengaruh influencer, motivasi dan literasi keuangan pada minat berinvestasi saham. Penelitian dilakukan pada mahasiswa aktif Prodi Sarjana Akuntansi angkatan 2019 dan 2020 FEB Unud yang sudah menempuh mata kuliah teori pasar modal diperoleh sebanyak 165 mahasiswa. Sampel dipilih menggunakan metode accidental sampling/convenience sampling. Dalam melakukan analisis data mempergunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Temuan penelitian memperlihatkan jika influencer, motivasi, dan literasi keuangan secara positif mempengaruhi minat investasi saham. Hal tersebut mengindikasikan jika semakin besar pengaruh influencer teradap mahasiswa, minat mahasiswa dalam berinvestasi cenderung meningkat, jika makin besar pengaruh motivasi terhadap mahasiswa makan semakin besar pula minat mahasiswa dalam berinvestasi, serta makin meningkat kemampuan literasi keuangan mahasiswa akan membuat minat investasi saham juga akan cenderung meningkat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
WULANDARI, Ni Putu Novi; RASMINI, Ni Ketut. PENGARUH INFLUENCER, MOTIVASI, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT INVESTASI SAHAM DI KALANGAN MAHASISWA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1285-1296, july 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/100847>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i07.p01.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)