PERAN KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Komparasi antara GoFood dan GrabFood)

  • Neri Parasian Girsang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Tjokorda Gde Raka Sukawati
  • I Gde Ketut Warmika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hubungan antara promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dengan membandingkan layanan GoFood dengan GrabFood. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, menggunakan metode purposive sampling dengan total sampel 100 pelanggan GoFood dan GrabFood. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pendekatan survei, dimana instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis jalur, uji Sobel dan uji beda dua rata-rata (Wilcoxon signed rank test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan secara parsial mampu memediasi pengaruh promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan. Terdapat perbedaan signifikan antara daya tarik promosi penjualan, tingkat kepuasan dan tingkat loyalitas pelanggan GoFood dengan GrabFood.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-31
How to Cite
GIRSANG, Neri Parasian; RAKA SUKAWATI, Tjokorda Gde; WARMIKA, I Gde Ketut. PERAN KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Komparasi antara GoFood dan GrabFood). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1705-1716, aug. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/100586>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i08.p15.
Section
Articles