PERAN MEDIASI BRAND IMAGE PADA PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Para wanita ingin selalu terlihat cantik setiap saat sehingga banyak wanita yang ingin menggunakan kosmetik untuk mempercantik dirinya sehari-hari. Produk kosmetik yang sering digunakan adalah lipstik. Lipstik sendiri berguna untuk memberikan warna bibir agar tampak lebih cerah. Merek lipstik yang banyak disukai oleh perempuan Indonesia salah satunya adalah Maybelline. Adanya persaingan yang terjadi antar produk kosmetik membuat Maybelline harus memperhatikan perilaku konsumen dan strategi-strategi yang tepat dalam peningkatan keputusan pembelian produk mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peran mediasi citra merek dalam pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan 150 responden dengan menggunakan kuesioner. Prosedur pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, uji Sobel dan uji VAF. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan citra merek berpengaruh signifikan memediasi hubungan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.