HEGEMONI NEGARA DAN RESISTENSI PEREMPUAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KECAMATAN TEJAKULA KABUPATEN BULELENG BALI

  • NI NYOMAN SUKENI, SH. MSi.

Abstract

Program keluarga berencana dicanangkan berwawasan gender, namun dalampelaksanannya terjadi ketimpangan. Jumlah akseptor perempuan lebih banyakdibandingkan akseptor laki-laki. Oleh sebab itu lebih banyak pula perempuan yangmenderita efek samping menarik untuk diteliti dengan merumuskan masalah sebagaiberikut. Bagaimanakah bentuk, faktor pendorong dan dampak hegemoni negara sertaresistensi perempuan dalam pelaksanaan program keluarga berencana?Penelitian ini bertujuan mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaanprogram keluarga berencana dan meminimalkan efek samping bagi akseptor. Data digalidengan wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis data secara kualitatif. Dataterdiri atas data kualitatif didukung data kuantitatif yang bersumber dari informan dankepustakaan. Teori yang diaplikasikan yakni : teori hegemoni Gramsci, feminismeradikal Dworkin, teori feminisme Gandhi, dan teori perlawanan De Witt.Hasil penelitian menggambarkan 1) Hegemoni negara diwujudkan dalam bentukpenyosialisasian dan anjuran penggunaan alat kontrasepsi yang lebih banyak untukperempuan, melalui sistem banjar dan klinik. 2) Faktor-faktor pendorong terjadinyahegemoni adalah faktor ideologi, ekonomi, penyediaan alat kontrasepsi, lokasi sosialisasi,dan kebijakan pemerintah. 3) Dampak positif hegemoni terhadap negara dapatmenurunkan jumlah penduduk secara bertahap. Hegemoni negara juga berdampak positifterhadap pasangan usia subur dalam membentuk keluarga kecil. Hegemoni negara selainberdampak positif terhadap perempuan secara fisik, psikhis, aktivitas, dan ekonomi. 4)Resistensi perempuan terhadap hegemoni negara berbentuk: tidak mau menggunakanalat kontrasepsi, berhenti menggunakan alat kontrasepsi, dan mengganti alat kontrasepsidengan sistem kalender. Berdasarkan temuan di atas disarankan agar dilakukan penelitianlanjutan yang sejenis dengan lingkup yang lebih luas yang berkaitan dengan penyebabterjadinya efek samping.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

NI NYOMAN SUKENI, SH. MSi.
Program Pascasarjana Program Doktor Kajian BudayaUniversitas Udayana, Bali
How to Cite
SUKENI, SH. MSI., NI NYOMAN. HEGEMONI NEGARA DAN RESISTENSI PEREMPUAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KECAMATAN TEJAKULA KABUPATEN BULELENG BALI. E-Journal of Cultural Studies, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2338-2449. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ecs/article/view/3553>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kata kunci, hegemoni negara, perempuan, dan program keluarga berencana