Prevalensi Infeksi Cacing pada Ikan Pisang-pisang (Pterocaesio diagramma) dan Ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) yang Dipasarkan di Pasar Ikan Kedonganan, Badung

  • I Putu Hendra Pradipta
  • Nyoman Adi Suratma
  • Ida Bagus Made Oka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi, intensitas infeksi serta distribusi cacing pada berbagai organ, selain itu dapat juga  melihat hubungan antara jenis ikan dengan prevalensi infeksi cacing pada ikan Pisang - pisang (Pterocaesio diagramma) dan ikan Sulir Kuning (Caesio cuning)  yang dipasarkan di Pasar Ikan Kedonganan, Badung. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pengamatan secara makroskopis dan mikroskopis mengikuti metode Fernando et al. & Kabata, kemudian data dianalisa secara deskriptif dan menggunakan uji Chi-Square.  Prevalensi dan intensitas dari masing-masing jenis cacing pada ikan Pisang – pisang (Pterocaesio diagramma) yaitu digenea (45,71%) dengan rata-rata 4,81±5,9, cestoda (34,29%) dengan rata-rata 12,5±18,1, Hysterothylacium sp. (2,86%) dan Raphidascaris sp. (2,86%) ditemukan berjumlah 1 ekor, Terranova sp. (8,57%) dengan intensitas 1 ekor setiap ikan,  acanthocephala (42,85%) dengan rata-rata 2,13±1,35, sedangkan ada 2 ekor cacing (5,71%) tidak bisa teridentifikasi. Pada ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) dari 35 ekor ikan yang diteliti , prevalensi digenea (82, 86%) dengan rata-rata 5,62±4,6, Hysterothylacium sp. (5,71%) dengan rata-rata jumlah cacing 1 ekor dan Cucculanus sp (5,71%) dengan rata-rata 1,5. Lokasi distribusi cacing yang menginfeksi ikan Pisang - pisang (Pterocaesio diagramma) dan ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) ditemukan pada beberapa organ antara lain operkulum, insang, rongga insang, lambung, usus, hati, sekum, gonad dan rongga tubuh. Setelah dilakukan analisis statistik menggunakan uji Chi-Square ternyata prevalensi infeksi tidak berhubungan nyata (P>0,05) dengan jenis ikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Putu Hendra Pradipta
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan
Nyoman Adi Suratma
Laboratorium Parasitologi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan
Ida Bagus Made Oka
Laboratorium Parasitologi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan
Published
2014-02-01
How to Cite
PRADIPTA, I Putu Hendra; SURATMA, Nyoman Adi; OKA, Ida Bagus Made. Prevalensi Infeksi Cacing pada Ikan Pisang-pisang (Pterocaesio diagramma) dan Ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) yang Dipasarkan di Pasar Ikan Kedonganan, Badung. Buletin Veteriner Udayana, [S.l.], feb. 2014. ISSN 2477-2712. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/buletinvet/article/view/8894>. Date accessed: 01 dec. 2020.
Section
Articles

Keywords

Pterocaesio diagramma, Caesio cuning, prevalensi, intensitas, Pasar Ikan Kedonganan

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>