Prevalensi dan Intensitas Infeksi Parasit Crustacea pada Ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) dan Ikan Pisang-pisang (Pterocaesio diagramma) yang Dipasarkan Di Pasar Ikan Kedonganan, Kabupaten Badung

  • I Gusti Agung Made Armada Hambarsika
  • Ida Bagus Made Oka
  • Nyoman Adi Suratma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi,  intensitas infeksi dan predileksi parasit crustacea pada ikan sulir kuning (Caesio cuning) dan Ikan Pisang-pisang (Pterocaesio diagramma) yang dipasarkan di Pasar Ikan Kedonganan, Kabupaten Badung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 35 sampel Ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) dan 35 sampel Ikan Pisang-pisang (Pterocaesio diagramma) yang diperoleh di Pasar Ikan Kedonganan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observatif dan analisis data dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan prevalensi infeksi parasit Crustacea pada Ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) adalah 22,86 %, dan pada Ikan Pisang-pisang (Pterocaesio diagramma) adalah 31,43 %. Parasit Crustacea yang menginfeksi Ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) dan Ikan Pisang-pisang (Pterocaesio diagramma) adalah dari kelompok Isopoda dan Copepoda. Identifikasi lebih lanjut, ternyata kedua ikan ini terinfeksi jenis parasit Crustacea yang sama, yaitu Isopoda jenis larva praniza dan Copepoda jenis Sagum folium. Rerata intensitas infeksi  Sagum folium pada Ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) adalah 1,5 ± 1,46 dan larva praniza adalah 1,5 ± 1,40. Rerata intensitas infeksi Sagum folium pada Ikan Pisang-pisang (Pterocaesio diagramma) adalah 2 ± 1,77 dan larva praniza adalah 1. Parasit Crustacea yang ditemukan berpredileksi pada insang, operculum dan mata. Setelah dilakukan analisis dengan Uji Chi-Square, ternyata tidak terdapat hubungan yang nyata antara jenis ikan dengan prevalensi infeksi parasit Crustacea.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Gusti Agung Made Armada Hambarsika
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan
Ida Bagus Made Oka

Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran Hewan

Nyoman Adi Suratma
Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran Hewan
Published
2014-02-01
How to Cite
HAMBARSIKA, I Gusti Agung Made Armada; OKA, Ida Bagus Made; SURATMA, Nyoman Adi. Prevalensi dan Intensitas Infeksi Parasit Crustacea pada Ikan Sulir Kuning (Caesio cuning) dan Ikan Pisang-pisang (Pterocaesio diagramma) yang Dipasarkan Di Pasar Ikan Kedonganan, Kabupaten Badung. Buletin Veteriner Udayana, [S.l.], feb. 2014. ISSN 2477-2712. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/buletinvet/article/view/8891>. Date accessed: 05 dec. 2020.
Section
Articles

Keywords

Ikan sulir kuning, ikan pisang-pisang, parasit crustacea

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>