FENOMENA JEMBRANA DISEASE DAN BOVINE IMMUNODEFICIENCY VIRUS PADA SAPI BALI

  • Ni Ketut Suwiti

Abstract

Sapi bali(Bos sondaicus) merupakan salah satu ternak unggulan sebagai penghasil daging di Indonesia yang harus terus dikembangkan dan ditingkatkan populasinya. Dari tahun ke tahun permintaan akan daging semakin meningkat, data Bappenas menunjukkan untuk memenuhi kebutuhan daging nasional,pada tahun 2002-2003 telah diimpor sapi bakalan dari Australia sebanyak 325.000 – 375.000, sedangkan impor daging pertahun setara dengan 100.000 ekor sapi (Apfindo 2005).Berdasarkan data tersebut sapi bali sangat berpeluangdikembangkan secara makimum untuk memenuhi kebutuhan daging di Indonesia

Fenomena adanya dua bovine lentivirus pada sapi bali yakni Jembrana Disease Virus danBovine Immunodeficiency Virus, segera harus dibuktikan keberadaannya. Selanjutnya dapat dikembangkan penelitian yang bertujuan kearah produksi vaksin heterolog untuk mencegah penyakit jembrana, danakhirnya membantu peningkatan populasi sapi bali.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ni Ketut Suwiti
Laboratorium Histologi FKH Universitas Udayana
How to Cite
SUWITI, Ni Ketut. FENOMENA JEMBRANA DISEASE DAN BOVINE IMMUNODEFICIENCY VIRUS PADA SAPI BALI. Buletin Veteriner Udayana, [S.l.], oct. 2012. ISSN 2477-2712. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/buletinvet/article/view/2165>. Date accessed: 28 nov. 2020.
Section
Articles

Keywords

Jembrana Desiase; Bovine Immunodeficiency; Bali Cattle

Most read articles by the same author(s)