FAKTOR YANG MEMENGARUHI UPAYA PENINGKATAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM): KASUS IPM PROVINSI YANG MASIH DIBAWAH IPM NASIONAL
Abstract
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia adalah alat untuk menilai kualitas sumber daya manusia, namun beberapa provinsi masih tertinggal dalam dimensi pendidikan, yang sangat penting untuk meningkatkan nilai IPM. Indeks pendidikan ditentukan oleh variabel-variabel seperti Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Harapan Lama Sekolah (HLS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dimensi pendidikan melalui RLS dan HLS, dengan menggunakan analisis deskriptif dengan model data panel. Sampel penelitian terdiri dari 120 observasi dari 24 provinsi dari tahun 2017 hingga 2021, dengan provinsi yang memiliki nilai IPM di bawah IPM nasional. Metode fixed effect digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dan dependen. Provinsi yang termasuk dalam penelitian ini adalah provinsi yang memiliki nilai IPM di bawah IPM nasional. Berdasarkan hasil uji Chow dan uji Hausman, penelitian ini menggunakan metode fixed effects untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dan dependen. Temuan menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah untuk pendidikan merupakan variabel yang paling signifikan mempengaruhi RLS dan HLS.