PENGARUH PENGELOLAAN SISTEM PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH DAN DAMPAK TERHADAP KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA TIBAR, KECAMATAN BAZARTETE, KABUPATEN LIQUIÇA, TIMOR-LESTE.

  • Levi Anatolia S.m.exposto

Abstract

Sampah merupakan sesuatu yang tidak dibutuhkan/tidak dipakai/tidak bemanfaatbagi manusia. Akibat menumpuknya sampah dapat menimbulkan masalah kesehatanterutama penyakit bawaan sampah seperti; diare, ISPA, penyakit kulit, malaria, DBD, baikdi musim hujan maupun musim kering. Kondisi seperti inilah yang sedang terjadi dilingkungan masyarakat yang bermukim di sekitar TPA Tibar, Timor-Leste karena kurangnyaperhatian dari pemerintah dan juga masyarakat setempat. Oleh karena itu, perlu adanyasuatu konsep penanganan sampah dengan mengubahnya menjadi barang yang mempunyainilai ekonomis dan menjadi material yang tidak membahayakan kesehatan masyarakatsebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir  sampah. Untuk itu, perlu adanya kerjasama secara kolektif antara pemerintah, LSM dan masyarakat guna mendukung berjalannyaproses penanganan sampah. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh reduce, reuse, recycle secara parsial terhadap kesehatan masyarakat. Dalampenelitian digunakan metode analisis kuantitatif dengan pendekatan cross sectionaldimana data yang menyangkut variabel bebas atau resiko dan variabel terikat atau variabelakibat, dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Hasil penelitan menunjukkan bahwaX1 atau reduce mempunyai nilai Sig Wald 0, 004 < 0,05 sehingga menolak H0 atau yangberarti Reduce memberikan pengaruh parsial yang signifikan terhadap kesehatanmasyarakat. Artinya semakin menurunnya kualitas masyarakat melakukan reduce semakinmenurun juga kesehatan masyarakat, X2 atau Reuse mempunyai nilai Sig Wald 0,009 <0,05 sehingga menolak H0 atau yang berarti Reuse memberikan pengaruh parsial yangsignifikan terhadap kesehatan masyarakat artinya semakin menurunnya masyarakatmelakukan reuse semakin menurunnya juga kualitas kesehatan masyarakat, X3 atau Recyclemempunyai nilai Sig Wald 0,020 < 0,05 sehingga menolak H0 atau yang berarti Recyclememberikan pengaruh parsial yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat. Artinyasemakin menurun masyarakat melakukan recycle semakin menurunnya juga kualitaskesehatan masyarakat. Jadi secara parsial reduce, reuse, recycle berpengaruh signifikanterhadap kesehatan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Levi Anatolia S.m.exposto
Mahasiswa Program Pascasarjana, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana, Kupang.
How to Cite
S.M.EXPOSTO, Levi Anatolia. PENGARUH PENGELOLAAN SISTEM PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH DAN DAMPAK TERHADAP KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA TIBAR, KECAMATAN BAZARTETE, KABUPATEN LIQUIÇA, TIMOR-LESTE.. Bumi Lestari, [S.l.], v. 15, n. 2, feb. 2016. ISSN 2527-6158. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/blje/article/view/19011>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Original Research Articles

Keywords

pengelolaan, sampah, dampak, kesehatan masyarakat