THE LEAF ANATOMY OF BALI SALAK CULTIVARS (Salacca zalacca var. Amboinensis (Becc.) Mogea)

  • Ni Made Gari Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University, Bukit Jimbaran Campus – Bali

Abstract

Studi anatomi dilakukan untuk mengetahui karakteristik epidermis daun pada 13 kultivar salak Bali. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk sel pada bagian permukaan atas (adaksial) dan permukaan bawah (abaksial) daun salak Bali adalah persegi empat sampai jajaran genjang. Sedangkan dinding antiklinal sel epidermisnya berlekuk-lekuk dengan penebalan pada dinding tersebut. Semua kultivar yang diamati memperlihatkan tipe daun yang hipostomatik dimana stomata hanya dijumpai pada bagian abaksial daun. Walaupun demikian stomata terkadang dapat dijumpai pada bagian adaksial daun meski jumlahnya sangat sedikit. Tipe stomata pada daun salak bali adalah parasitik dimana tiap sel penutup didampingi oleh satu atau lebih sel tetangga yang letaknya sejajar dengan stomata, dengan penebalan pada dinding sel penutupnya. Indeks stomata bervariasi antara 11.9% sampai 18.3% pada semua kultivar yang diamati.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-08-01
How to Cite
GARI, Ni Made. THE LEAF ANATOMY OF BALI SALAK CULTIVARS (Salacca zalacca var. Amboinensis (Becc.) Mogea). Bumi Lestari, [S.l.], v. 11, n. 2, aug. 2011. ISSN 2527-6158. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/blje/article/view/149>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Short Communication

Keywords

Salacca zalacca var. amboinensis; anatomi; sel epidermis; stomata