Strategi Peningkatan Mutu Produk Dodol Salak Bali di UD Nantafood Denpasar

  • Rizky Mubarok Teknik Pertanian dan Biosistem
  • I Wayan Widia Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia
  • Ida Bagus Putu Gunadnya Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia

Abstract

CV Nantafood merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan dengan bahan baku buah salak salah satunya yaitu produk dodol salak Bali. Produk dodol yang dihasilkan telah mampu masuk ke beberapa pusat pembelanjaan oleh - oleh di Bali. Semakin banyaknya pesaing dodol tentu menjadi tantangan bagi suatu perusahaan untuk meningkatkan kualitas produknya. Kepuasan konsumen dapat ditingkatkan melalui kualitas produk yang baik sesuai harapan dan keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui atribut yang dianggap penting oleh konsumen dari produk dodol salak bali, (2) Mengukur tingkat kepentingan konsumen terhadap kualitas produk dodol salak bali, (3) Mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dodol salak bali, (4) Menentukan strategi untuk meningkatkan kualitas produk dodol salak bali. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian ini menunjukan terdapat 10 atribut kualitas produk yang dianggap penting oleh konsumen dengan kriteria sangat penting. Nilai kepentingan konsumen tertinggi cita rasa dodol yang manis dan legit sebesar 4,45, pada nilai kepuasan konsumen atribut tekstur dodol yang lengket dan kenyal mendapatkan nilai terendah sebesar 3,79 dengan IR sebesar 1,31. Maka UD Nantafood perlu memberikan dan meningkatkan kualitas produk atribut tekstur dodol yang lengket dan kenyal. 


 


Abstract


CV Nantafood is a company engaged in the field of food processing with raw materials for zalacca fruit, one of which is the Bali snake fruit dodol product. The dodol products produced have been able to enter several shopping centers for souvenirs in Bali. The increasing number of dodol competitors is certainly a challenge for a company to improve the quality of its products. Consumer satisfaction can be increased through good product quality according to consumer expectations and desires. The aims of this study were (1) to find out the attributes considered important by consumers from the Bali snake fruit dodol product, (2) to measure the level of consumer interest in the quality of the Bali snake fruit dodol product, (3) to measure the level of consumer satisfaction with the quality of the bali snake fruit dodol product, (4) ) Determine strategies to improve the quality of Balinese snake fruit dodol products. This research was conducted using the Quality Function Deployment (QFD) method. The results of this study indicate that there are 10 product quality attributes that are considered important by consumers with very important criteria. The highest value of consumer interest is taste of dodol is sweet and legit of 4.45, on consumer satisfaction value attributes of sticky and chewy dodol texture get the lowest score of 3.79 with an IR of 1.31. So UD Nantafood needs to provide and improve product quality with sticky and chewy dodol texture attributes.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akao, Y. 1990. Quality Function Deployment: Integrating Customer Requirements into Product Design. Translated by Glenn H. Mazur. Productivity Press.

Alfredo Tutuhatunewa. (2010). Aplikasi Metode Quality Function Deployment Dalam Pengembangan Produk Air Minum Kemasan. Arika, 4(1), 1–13.

Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa timur.

Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Handayani, Ririn.2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika

Kerlinger, Fred N. & Howard B. Lee. 2000. Foundations of Behavioral Research. 4 th Edition. Florida: Harcourt Inc.

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong (2017), Principles of Marketing, Edisi : 17, United States of America: Pearson Education.

Kotler, Philip. & Amstrong, Gary. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip and Garry Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.

Nasaruddin N.L., ChinY.A., dan Yusof. 2012. Effect of processing on instrumental textural properties of traditional dodol using back extrusion. Int. Journal Food Pro. Vol. 15, No. 3:495–506.

Rangkuti, Freddy (2002), Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Risenasari, Hepi. 2009, Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Restoran Pringjajar Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Skripsi Ekonomi dan Manajemen, IPB Bogor.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi,

Satuhu, S dan Sunarmani 2004. Membuat Aneka Dodol Buah. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sevilla, G Consuelo dkk. (1993). Pengantar metode Pennelitian. Jakarta: UI-PRESS.

Simamora Henry. 2000. Manajemen Pemasaran internasional. Jilid 1 Edisi Cetak 1, Salemba Empat Jakarta.

Sulistyaningrum, Utami. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Koki Tappanyaki Express” Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. 2005. Study Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo. H, S., Dan G. J. W. Tunggal. 2015. Analisa Kepuasan Konsumen Di Restaurant “X” Di Surabaya (Disitasi Tgl 15 Juli 2018) Tersedia pada https://www.neliti.com/id/publications/82929/analisa-kepuasan-konsumen-di-restaurant-X-di-surabaya.

Winarni, Sidarto dan Pohandry. 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis Serta Service Quality. Jurnal Rekavasi, Vol.1 No.1, Desember 2013, pp. 21-29.

Yuarini, D. A. A., I. K. Satriawan, dan I. D. P. O. Suardi. 2015. Strategi peningkatan kualitas produk sayuran segar organik pada CV. Golden Leaf Farm Bali. J. Manajemen Agribisnis. 3(2) : 93–109.
Published
2023-07-27
How to Cite
MUBAROK, Rizky; WIDIA, I Wayan; GUNADNYA, Ida Bagus Putu. Strategi Peningkatan Mutu Produk Dodol Salak Bali di UD Nantafood Denpasar. Jurnal BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian), [S.l.], v. 12, n. 1, p. 51-60, july 2023. ISSN 2502-3012. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/beta/article/view/101037>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JBETA.2024.v12.i01.p06.
Section
Articles