Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Pendidikan Kewirausahaan, Self- Efficacy dan Niat Wirausaha Mahasiswa Menggunakan E-Commerce
Abstract
Penelitian bertujuan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, pendidikan kewirausahaan dan self-efficacy terhadap niat wirausaha menggunakan e-commerce pada mahasiswa akuntansi. Metode penarikan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling diperoleh sampel sebanyak 84 sampel. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, pendidikan kewirausahaan dan self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan kontrol perilaku berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niat berwirausaha menggunakan e-commerce pada mahasiswa akuntansi. Norma subjektif tidak berpengaruh terhadap niat berwirausaha menggunakan e-commerce pada mahasiswa akuntansi.
Downloads
References
Aditya, R., & Budiono, H. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha yang Dimediasi Efikasi Diri Mahasiswa Manajemen. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, I(4), 645–655.
Al-Jubari, I. (2019). College students’ entrepreneurial intention: Testing an integrated model of SDT and TPB. SAGE Open, 9(2), 1–15.
Al-Jubari, I., Hassan, A., & Liñán, F. (2019). Entrepreneurial intention among University students in Malaysia: integrating self-determination theory and the theory of planned behavior. International Entrepreneurship and Management Journal, 15(4), 1323–1342. https://doi.org/10.1007/s11365-018-0529-0
Astungkara, A., & Widayanti, R. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan dan Love Of Money Terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 20(2), 257–265.
Boldureanu, G., Ionescu, A. M., Bercu, A. M., Bedrule-Grigoruţă, M. V., & Boldureanu, D. (2020). Entrepreneurship education through successful entrepreneurial models in higher education institutions. Sustainability (Switzerland), 12(3), 1–33. https://doi.org/10.3390/su12031267
Chien-Chi, C., Sun, B., Yang, H., Zheng, M., & Li, B. (2020). Emotional Competence, Entrepreneurial Self-Efficacy, and Entrepreneurial Intention: A Study Based on China College Students’ Social Entrepreneurship Project. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.547627
Cruz, L. da, Suprapti, N. W. S., & Yasa, N. N. K. (2015). Aplikasi Theory of Planned Behavior dalam Membangkitkan Niat Berwirausaha bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpaz, Dili Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(14), 895–920.
Doanh, D. C., & Bernat, T. (2019). Entrepreneurial self-efficacy and intention among Vietnamese students: A meta-analytic path analysis based on the theory of planned behavior. Procedia Computer Science, 159, 2447–2460. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.420
Doanh, D. C., & Van, T. T. (2019). Entrepreneurial self-efficacy and intention among Vietnamese students: A meta-analytic path analysis based on the theory of planned behaviour. Management Science Letters, 9(11), 1847–1862. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.6.007
Duong, C. D., Nguyen, H. X., Ngo, T. V. N., Nguyen, V. H., & Nguyen, T. P. L. (2020). The impact of individual and environmental characteristics on students’ entrepreneurial intention. Management Science Letters, 10(3), 599–608. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.9.020
Ghozali, I., & Sahrah, A. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kecerdasan Menghadapi Rintangan Terhadap Niat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Bank Belitung. Jurnal Society, 5(1), 33–43.
Giantari, N. L. P. D., & Ramantha, I. W. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 1–25.
Gomes, S., Sousa, M., Santos, T., Oliveira, J., Oliveira, M., & Lopes, J. M. (2021). Opening the “ Black Box ” of University Entrepreneurial Intention in the Era of the COVID-19 Pandemic. Sosial Sciences, 10(181), 1–16.
Gujrati, R., Lawan, L. A., Jain, E., & Tyagi, V. (2019). Entrepreneurial intention of undergraduates in Nigeria: The role of subjective norm. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2), 6220–6226.
Hidayat, S., Saleh, M., & Saefullah, E. (2018). Kajian Intensi Mahasiswa Manajemen di Kota Serang untuk Menjadi Wirausaha. Ikraith-Ekonomika, 1(1), 155–163.
Islami, N. N. (2015). Pengaruh Sikap Kewirausahaan, Norma Subjektif, dan Efikasi Diri Terhadap Perilaku Berwirausaha Melalui Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 5–21.
Kobylińska, U. (2022). Attitudes, subjective norms, and perceived control versus contextual factors influencing the entrepreneurial intentions of students from Poland. WSEAS Transactions on Business and Economics, 19, 94–106. https://doi.org/10.37394/23207.2022.19.10
Listyawati, I. H. (2017). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif dan Kontrol Keperilakuan Terhadap Niat Berwirausaha pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 4(1), 57–68. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/download/55/56
Liu, X., Lin, C., Zhao, G., & Zhao, D. (2019). Research on the effects of entrepreneurial education and entrepreneurial self-efficacy on college students’ entrepreneurial intention. Frontiers in Psychology, 10, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00869
Majeed, A., Ghumman, A. R., Abbas, Q., & Ahmad, Z. (2021). Role of Entrepreneurial Passion between Entrepreneurial Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, and Entrepreneurial Intention: Measuring the Entrepreneurial Behavior of Pakistani Students. Pakistan Journal of Commerce and Social Science, 15(3), 636–662.
Mediatrix, M., & Sari, R. (2017). Pengaruh Motivasi Internal Dan Motivasi Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Non Reguler. E-Jurnal Akuntansi, 20(1), 758–787.
Mihartinah, D., & Coryanata, I. (2018). Pengaruh Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Niat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengambil Sertifikasi Chartered Accountant. Jurnal Akuntansi, 8(2), 77–88. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.8.2.77-88
Miranda, F. J., Chamorro-Mera, A., & Rubio, S. (2017). Academic entrepreneurship in Spanish universities: An analysis of the determinants of entrepreneurial intention. European Research on Management and Business Economics, 23(2), 113–122. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2017.01.001
Mirawati, N. M., Wardana, I. M., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Dan Persepsi Kontrol Keperilakuan, Terhadap Niat Siswa SMK Di Kota Denpasar Untuk Menjadi Wirausaha. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(5), 1981–2010.
Nowiński, W., Haddoud, M. Y., Lančarič, D., Egerová, D., & Czeglédi, C. (2019). The impact of entrepreneurship education, entrepreneurial self-efficacy and gender on entrepreneurial intentions of university students in the Visegrad countries. Studies in Higher Education, 44(2), 361–379.
Parbowo, A. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Sarjanawiyata
Pormes, L., & Sipakoly, S. (2019). “Pengaruh Sikap dan Motivasi terhadap Niat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ambon).” Jurnal Maneksi, 8(2), 204–212.
Purwantini, F., & Tripalupi, L. E. (2021). Pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap minat beli. Jurnal Manajemen, 7(1), 48–55.
Putra, C. B. W., & Ramantha, I. W. (2021). Kepribadian, Motivasi, Dukungan Keluarga dan Pendidikan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 31(2), 324.
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh minat berwirausaha dan penggunaan sosial media terhadap kewirausahaan mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(03), 203–216.
Respati, A. D., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Pemahaman Kewirausahaan dan Penerapan Teori Planned Behavior Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 6(1), 16–30.
Saraih, U. N., Amlus, H., Samah, I. H. A., Abdul Mutalib, S., Aris, A. Z. Z., & Sharmini, A. (2018). Relationships between attitude towards behaviour, subjective norm, self-efficacy and entrepreneurial intention among the technical secondary students in Malaysia. International Journal of Engineering & Technology, 7(21),
Suarningsih, N. L. A., & Rasmini, N. K. (2021). Pendidikan, Lingkungan Keluarga dan Penggunaan Instagram terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi, 31(2), 438. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i02.p14
Tentama, F., Jiamsari, R., Efliyulia, L., & Qodrati, S. L. (2019). Students’ entrepreneurial intention viewed from subjective norms and hardiness in vocational high schools in Yogyakarta. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 2820–2824.
Utami, C. W. (2017). Attitude, Subjective Norms, Perceived behavior, Entrepreneurship education and Self-efficacy toward entrepreneurial intention University student in Indonesia. European Research Studies Journal, 20(2),
Vodă, A. I., & Florea, N. (2019). Impact of personality traits and entrepreneurship education on entrepreneurial intentions of business and engineering students. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 4).
Wedayanti, N. P. A. A., & Giantari, I. G. A. K. (2016). Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Memediasi Pengaruh Norma Subyektif Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 533–560.
Zulfiqar, S., Binesh, S., Saira, A., Chandia, K. E., & Khan, M. K. (2019). An Analysis of Influence of Business Simulation Games on Business School Students’ Attitude and Intention Toward Entrepreneurial Activities. Journal of Educational Computing Research, 57(1), 106–130.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.